Mendengkur atau ngorok atau snoring adalah masalah yang sering membuat pasangan kita atau orang yang dicintai senantiasa terjaga atau tidur kurang lelap, bahkan dapat menjadi masalah bagi pendengkur sendiri.

Orang yang jarang mendengkur, disebut sebagai pendengkur kelas satu, mereka bukanlah orang-orang yang memiliki masalah kesehatan yang serius, tetapi orang yang sering mendengkur pendengkur kelas dua atau kelas tiga) akan sering mendapati bahwa ada dampak pada diri mereka di waktu siang hari, dan kebiasaan mereka mendengkur mungkin saat diidentifikasi sebagai masalah yang lebih serius.

Obstructive sleep apnea (OSA) artinya berhenti bernapas. Pasien dengan OSA mungkin mengalami ratusan episode apnea dalam semalam, sehingga mengganggu tidurnya dan tubuhnya kekurangan oksigen. Sleep apnea merupakan gangguan yang umum terjadi, kira-kira 2-4% orang dewasa mengalami gangguan ini. Bila diobati dengan baik penderita OSA dapat hidup dengan normal.
Bila tenggorokan bentuknya sempit atau relaksasi otot berlebihan, saluran udara bisa tertutup seluruhnya, sehingga tidak  bisa bernapas. Bila hal ini terjadi berkali-kali pada malam hari, disebut penyakit Obstructive Sleep Apnea (OSA). Hambatan aliran udara pada penderita OSA bisa terjadi antara 10 detik sampai 2 menit atau lebih lama. Akibatnya otak kekurangan oksigen, sehingga memerintahkan tubuh untuk bangun dan bernapas kembali. Hal ini dapat terjadi walaupun pasien tidak menyadarinya.
OSA dapat terjadi pada semua umur. Pada anak terjadi akibat pembesaran tonsil dan adenoid atau kelainan bentuk wajah. Pada dewasa terutama pada laki-laki usia setengah baya. OSA sering dihubungkan dengan obesitas (kegemukan), terutama lemak berlebihan pada leher.
Namun ada cara untuk menolong mereka untuk menguranginya saat tidur. Berikut adalah lima cara untuk menolong mereka saat tidur di malam hari.

Kurangi Minum Alkohol

Ini kesalah pahaman yang sudah lama bahwa alkohol membantu Anda tidur. Itu tidak. Bahkan, itu bisa, dan akan sering, membuat tidur malam anda kurang nyaman, terutama ketika diminum sesaat sebelum tidur.

Mitos yang paling mungkin berasal dari gagasan bahwa alkohol adalah relaksan, dan memang, tetapi tidak selalu membantu Anda tidur lebih baik.  

Berhenti Merokok

Mendengkur dan OSA hanyalah dua item dari sekian banyak alasan untuk anda berhenti merokok. Asap tembakau dapat meningkatkan peradangan bronkial dan pembengkakan di saluran udara, membuat pernapasan saat tidur lebih keras, dan pada langkah selanjutnya membuat anda mendengkur dengan keras saat tidur. Beberapa penelitian telah dilakukan bahwa ada hubugan antara merokok dengan OSA.


Makan Sehat dan Latihan

Kelebihan berat badan mungkin memiliki peran paling signifikan dalam hal mendengkur dan OSA, karena adanya jaringan lemak di sekitar leher dan saluran napas menyebabkan obstruksi.
Makan makanan yang sehat dan seimbang dan cukup berolahraga merupakan kunci dalam menanggulangi mendengkur dan menurunkan risiko masalah-masalah kesehatan yang terkait.

Banyak Minum Air

Banyak dari kita telah diajarkan supaya tidak minum terlalu banyak air sebelum tidur, karena akan membuat kita harus beberapa kali di malam hari untuk pergi ke toilet.

Namun, mendapatkan cukup cairan pada sepanjang sisa hari adalah penting bagi mereka yang ingin membatasi mendengkur mereka. Dehidrasi dapat menyebabkan jaringan di saluran hidung dan tenggorokan untuk menjadi lengket dan menyatu ke dinding saluran napas, lagi mengarah ke obstruksi dan lebih banyak suara saat udara keluar-masuk.

Mereka yang memiliki masalah mendengkur direkomendasikan minum dua liter air (yang sekitar delapan gelas atau empat botol kecil) air per hari.

Keep a Clean Bed

Tempat tidur yang kotor, berantakan, selain menjadi masalah kebersihan, bisa juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan - mendengkur adalah salah satunya.

Seiring waktu, tungau debu mengumpulkan di selimut, bantal, dan seprai. Ini dapat menyebabkan iritasi ketika dihirup, terutama bagi mereka dengan rhinitis alergi. Semakin meradang saluran udara menjadi, semakin besar kemungkinan bagi anda untuk mendengkur. Untuk mencegah hal ini, jagalah tempat tidur tetap bersih. Seprai harus dicuci seminggu sekali dan bantal harus dijemur setiap beberapa hari dan dicuci setiap beberapa bulan (sebagaimana juga selimut Anda).

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: