Tahukah anda bahwa hanya ada dua jenis kopi di dunia ini? Ya, pada umumnya hanya ada dua jenis kopi, yaitu Robusta dan Arabica. Para pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah arabika dan robusta. Namun, tahukah apa saja perbedaan antara dua jenis kopi tersebut?

Simak penjelasan berikut!

1. Rasa

Biji kopi robusta memiliki rasa pahit cukup dominan dan memiliki cita rasa yang kuat. Sedangkan, biji kopi arabika memiliki rasa yang lebih ringan atau tidak terlalu pahit dan lebih beraroma. Ini salah satunya disebabkan oleh karena kopi Robusta mengandung kafein dua kali lipat dari kopi Arabica.

2. Keunikan

Secara keunikan cita rasa yang mampu diberikan, biji kopi robusta lebih gurih dan kasar. Namun, pada beberapa jenis, kopi robusta cenderung lebih kaya dengan rasa unik seperti cokelat dan karamel. Sedangkan biji kopi arabika kental akan nuansa manis dan cita rasa buah.

3. Habitat

Biji kopi arabika hanya bisa ditanam di ketinggian lebih dari 700 meter. Berbeda dengan biji kopi robusta yang masih bisa ditanam di dataran rendah dan tidak membutuhkan curah hujan yang tinggi.

4. Bentuk biji kopi

Jika kita cukup teliti, bentuk biji kopi arabika dan kopi robusta pun tak terlalu sulit dibedakan. Biji kopi arabika lebih pipih dan memanjang, sementara robusta memiliki bentuk lebih bulat.

Selain itu, saat masih proses penanaman pun terlihat perbedaan warna. Biji kop arabika memiliki warna lebih hijau tua dibanding biji kopi robusta.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: