Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini? Bagi anda yang di luar Jawa mungkin masih asing dengan makanan yang satu ini. Kerak Telor Betawi adalah salah satu makanan khas tradisional Indonesia, tapi bisa saya katakan mendunia, loh.

Kerak Telor Betawi termasuk dalam salah satu resep warisan budaya yang harus dipertahankan. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, bahwa kerak telor merupakan salah satu makanan khas Betawi. Makanan ini terbilang susah untuk ditemukan sekarang. Biasanya harus menunggu acara atau festival tertentu untuk menemukan penjual kerak telor. Untuk anda yang menggemari makanan satu ini, tentu ini menjadi sebuah hal yang kurang menyenangkan. Karena anda tidak selalu bisa menikmati makanan favorit setiap saat. Tetapi masih ada solusinya, yaitu dengan membuat kerak telor sendiri di rumah. Bahan yang anda butuhkan juga mudah untuk ditemukan di sekitar. Berikut ini adalah resep kerak telor Betawi yang enak dan mudah untuk dibuat.

Resep Cara Membuat Kerak Telor Betawi Enak

Bahan-bahan yang Dibutuhkan Dalam Resep Kerak Telor Betawi :

  • Jahe sebesar 1 cm
  • Kencur sebesar 3 cm
  • Merica butiran sebanyak 1 sdt
  • Cabai merah keriting sebanyak 4 buah
  • Bawang goreng untuk taburan
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu halus
  • Air sebanyak 250 ml
  • Telur bebek sebanyak 5 butir
  • Beras ketan putih sebanyak 100 gram
  • Bawang merah sebanyak 30 gram, kemudian digoreng kering
  • Kelapa parut sebanyak 100 gram
  • Ebi udang yang diseduh lalu disangrai dan dihaluskan sebanyak 15 gram

Langkah-langkah Membuat Kerak Telor Betawi:

  1. Resep kerak telor Betawi ini dimulai dengan menyiapkan beras ketan putih terlebih dahulu. Selama satu malam, rendam beras putih di dalam air. Setelah itu tiriskan. Tetapi jangan buang air hasil rendamannya karena masih akan digunakan.
  2. Haluskan kencur, jahe, merica butira, dan cabai merah keriting. Setelah itu, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Langkah selanjutnya dalam resep kerak telor betawi adalah proses pembuatan kerak telor itu sendiri. Anda harus menyiapkan wajan cekung terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan kurang lebih 1 ½ sendok makan beras ketan putih ke dalam wajan cekung yang telah dipanaskan sebelumnya. Kemudian masukkan 3 sendok makan air rendaman beras setelah itu biarkan agak kering.
  4. Kocok 1 butir telur bebek dan ½ sdt bumbu halus yang telah ditumis sebelumnya bersamaan dengan ½ sdm bawang merah goreng, ½ sdt ebi, 1/8 sdt garam bubuk dan 1/8 sdt gua pasir.
  5. Setelah campuran tersebut teraduk hingga rata, tuangkan ke atas wajan kemudian ratakan. Atur ketebalannya sesuai dengan selera anda. Kemudian tutup wajan sampai matang.
  6. Salah satu yang khas dari pembuatan kerak telor adalah membalik wajan di atas bara api. Lakukan proses ini untuk mematangkan kerak telor.
  7. Jika sudah matang, sajikan kerak telor dengan kelapa sangrai dan bawang goreng.
Dengan resep kerak telor Betawi ini, anda bisa menikmati makanan khas daerah ini setiap saat tanpa harus menunggu ada momen tertentu.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: